|

Peran Orang Tua Dalam Membantu Anak


Peran Orang Tua Dalam Membantu Anak
PENYESUAIAN DIRI ANAK DI HARI-HARI
PERTAMA MASUK SEKOLAH

Hari-hari pertama anak masuk sekolah merupakan hari-hari yang membahagiakan orang tua dikarenakan buah hatinya sekarang berstatus “anak sekolah dasar” . sang buah hati juga mulai belajar terhadap aturan-aturan yang berlaku,bersosialisasi dengan orang lain,para guru maupun teman bermainnya yang baru.Alangkah senang hati orang tua melihat buah hatinya berpakaian rapih dan tiba-tiba telah tampak begitu cantik dan tampan pada pagi itu.

Namun kadang-kadang, harapan dan kebahagiaan orang tua untuk menyambut hari-hari bahagia ini terusik bahkan kecewa karena ternyata pada saat anak tiba di sekolah,ia mogok,menangis,tidak mau masuk kelas dan sebagainya. Kejadian-kejadian seperti itu bisa terjadi pada hari-hari pertama sekolah. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan masalah penyesuaian diri anak. Ada anak-anak yang mudah menyesuaikan diri dengan setiap situasi baru yang dihadapinya, namun ada pula yang memerlukan waktu untuk mengenal dan membiasakan diri dengan situasi/lingkungan yang masih asing baginya. Demikian pula halnya dengan penyesuaian diri anak terhadap tugas-tugas baru yang akan dihadapinya. Maka anak-anakpun sudah memiliki kepribadian yang berbeda satu dengan yang lainnya, juga dalam penyesuaian diri dengan lingkungan.

Namun yang pasti, cepat atau lambat , semua anak harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang akan dijumpainya tiap-tiap hari. Oleh karena itu, anak sangat membutuhkan perhatian dan pengertian orangtua/orang-orang yang dekat denganya untuk bisa memahami situasi dan kondisi yang sedang dihadapinya sehingga dapat mendorongnya untuk cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Peran orang tua dalam membantu anak menyesuaikan diri.
1  
     1. Beri gambaran-gambaran yang positif tentang sekolah, guru-guru dan teman-temanya. Jangan sekali-kali   menakuti anak dengan gurunya sehingga menimbulkan kesan pada anak bahwa guru itu galak, suka menghukum, dan sebagainya.

2  2. Libatkan anak dalam menyiapkan keperluan-keperluan sekolah misalnya dalam pemilihan tas yang akan dipakai ke sekolah, dsb.

3   3. Latih dan ingatkan anak untuk dapat melakukan sendiri apa yang sudah didapatkannya,misalnya mencuci tangan sebelum makan, membereskan mainannya walaupun kadang-kadang masih dengan bantuan orang lain dan sebagainya.

4   4. Apabila anak menangis atau tidak mau masuk kelas pada hari-hari pertama sekolah. Orang tua jangan menjadi panik dan marah sehingga tanpa disadari kadang-kadang sikap demikian menambah beban dan ketakutan anak. Ketakutan yang dialami seorang anak pada hari-hari pertama masuk sekolah adalah wajar, sama sekali bukan merupakan gejala bahwa anak itu tidak normal dan sebagainya. Yang dibutuhkan anak pada saat demikian adalah perasaan aman sekalipun harus berpisah dari orang tua untuk wakyu tertentu. Yakinkan anak bahwa setelah anak belajar dan bermain dengan guru dan teman-teman disekolah, anak pasti akan bertemu kembali dengan oreng tua dan orang-orang yang selama ini dekat denganya.

5   5. Biasakan anak untuk menceritakan pengalaman-pengalamanya di sekolah dan berilah perhatian penuh pada cerita-ceritanya.Jangan mencela atau mengolok-olok perbuatan anak, tapi berilah pengertian-pengertian tentang benar, salah, baik, tidak baik.

Perhatian, pengertian, kesabaran serta doa orang tua,maupun guru-guru disekolah niscaya membuat anak mampu melewati hari-hari sekolahnya dengan senang, penuh semangat dan tanpa beban. Dengan demikian selanjutnya diharapkan anak pun dapat siap memasuki tahap-tahap pendidikan yang lebih tinggi.                                                                                                                    
                                

Posted by Lukman Hakim on 20.21. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

1 komentar for "Peran Orang Tua Dalam Membantu Anak"

  1. ~~~~~~ MARI MERINGANKAN BEBAN ORANG TUA SENDIRI ~~~~~~

    Bisnis lokal yang paling BOOMING:
    Terbukti, hanya dlm waktu 174 hari, member telah lebih dari 377.158 orang

    http://indoboclub.com/?ref=zkr2

    Dahsyat!!
    - Mari Meringankan Beban Orang tua Sediri
    - INI GRATIS ~~~~~~~~~~~~~~
    - Jika Anda Seorang Pelajar Saat Nya mencari Uang Sendiri
    - Mempunyai 2 sistem utama: Plan GRATIS & Plan INVESTASI
    - Withdrawal bisa ke PM, Bank Lokal, dan Pulsa
    - Web semakin AMAN dengan HTTPS/SSL 256 bit
    - Komunikasi langsung dgn Admin via SMS/Call/FB
    - Invest minimal $0.5 via PM, EgoPay, Payza, & Bank Lokal
    - Profit 2% x 100 hari + Profit extra
    - Compound minimal $0.5
    - WD INSTANT ke PM minimal $0.02 (cuma butuh waktu 3 detik)
    - WD ke Bank Lokal minimal $20 (kurs $1 = Rp 9.700)
    - WD dgn Pulsa HP dengan harga dibawah standar pasar
    - Tersedia fitur IBC MOBILE, website versi HP
    - Jika Ingin Lebih Jelass Lagi Kunjungi web saya Di
    http://kesuksesantergantunganda.blogspot.com/
    - Terima Kasih

Leave a reply

Blog Archive

Recently Added